Wednesday 6 April 2016

Praktek Jaringan Internet

pada kuliah kita telah membahas mengenai OSI 7 layers dan TCP/IP. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai praktek jaringan internet sebagai panduan tugas kedua.

Sebelum beranjak lebih jauh, kita akan membahas pengertian beberapa istilah yang terkait nanti, yaitu :

  • Domain ; kata domain disini merujuk pada Nama Domain (Domain Name) yaitu nama unik (terdiri dari kumpulan huruf, kata atau kombinasi huruf, kata dengan angka) untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer (lokal) atau internet. Tujuan dibuatnya teknologi Domain Name adalah untuk mempermudah user saat melakukan akses ke internet, tanpa menghafal ip address dari server yang akan diakses. pada awalnya nama domain hanya diwakili oleh 26 abjad latin, namun seiring perkembangannya, nama domain dimungkinakn untuk menggunakan dengan abjad asing. 
  • DNS ; Domain Name Server adalah sistem yang dibuat untuk "menamakan" ip address menjadi nama domain dan nama host yang digunakan pengguna (user). DNS sederhananya ibarat buku telepon yang mengarahkan www.indosat.net.id kepada IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6). 
  • Hosting ; adalah layanan internet yang menyediakan server yang disewakan untuk menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, SMTP dan DNS. layanan server yang disediakan juga dimungkinkan terbuat dari sistem operasi virtual sehingga terdapat beberapa sistem operasi yang berjalan secara bersamaan (mode VPS).
  • Name Server ; pada prakteknya, untuk membuat sebuah website terlebih dahulu harus mengkoneksikan Domain dengan hosting yang telah disewa dengan mengisi Name Server (ingat, fungsi hosting juga sebagai DNS). biasanya alamat name server yang diberikan berbeda dengan alamat panel hosting untuk mengakses HTTP, FTP dan SMTP.
  • CMS : Content Management system adalah software yang digunakan untuk memodifikasi konten dari suatu web. terdiri dari back end dan front end. back end adalah lingkungan yang digunakan untuk mengedit, menghapus, menambahkan dan memperbarui konten web sedangkan front end adalah lingkungan yang disediakan untuk antar muka pengguna web.
  • FTP ; adalah protokol yang berjalan di aplication layer, berfungsi untuk mengunggah dan mengunduh file dan mengganti direktori. FTP terdiri 2 macam : FTP client dan FTP server. FTP client digunakan pada komputer pengguna untuk mengirimkan perintah-perintah ke FTP servers. sementara FTP server adalah sebuah windows service atau daemon yang bekerja untuk merespon perintah-perintah dari FTP client. sebuah FTP server dapat diakses menggunakan Browser (dengan cara mengetikkan ftp://nameserver) atau menggunakan aplikasi (seperti FileZilla).
  • SMTP ; protokol yang digunakan untuk aplikasi email. pada prakteknya SMTP menggunakan 2 jenis protokol yaitu Outgoing dan Ingoing. protokol untuk mengirimkan email dari client ke server adalah protokol outgoing yaitu SMTP, dan sebaliknya, protokol untuk menerima email dari server ke client adalah protokol ingoing yaitu POP3 / IMAP.
Setelah memahami beberapa istilah yang telah disebutkan, sekarang kita akan beranjak ke praktek.
  1. Daftar Domain dan Hosting
Anda dapat mendaftar di penyedia Jasa Domain Hosting yang gratis maupun yang berbayar, untuk step pendaftaran ini dapat dilakukan cukup mudah, layaknya kita mendaftar pada akun-akun lainnya seperti facebook, google dll.
Untuk peyedia Jasa Domain Hosting yang gratis anda dapat menggunakan layanan hostinger.co.id atau layanan gratis lain dari luar negeri.
     2. Setting Nameserver
Jika anda menggunakan layanan domain yang tidak jadi satu dengan hosting, maka anda harus menyetting Nameserver dari domain tersebut. seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa setting nameserver ini bertujuan untuk mengaktifkan fitur DNS pada domain anda.
     3. Instalasi CMS
setelah Domain dan hosting sudah aktif maka hal yang perlu dilakukan adalah instalasi CMS. anda dapat memilih CMS Wordpress untuk awal-awalnya.
     4. menggunakan fitur FTP
setelah hosting aktif anda akan otomatis mendapatkan akun FTP untuk mengunggah dan mengunduh file-file yang dibutuhkan website yang anda kerjakan. FTP bisa langsung diakses menggunakan browser (ftp://nameserveranda) atau melalui software FTP client (seperti FileZilla).
     5. Konfigurasi SMTP
secara default, anda dapat membuat webmail anda sendiri pada cpanel (server) dengan mudah, dan dapat mengaksesnya langsung melalui browser (http://nameserveranda/webmail). namun jika anda ingin mengakses webmail melalui aplikasi email klien (Outlook express, Thunderbird dll.) anda harus melakukan setting pada aplikasi tersebut setting yang dilakukan biasanya terdiri dari setting SMTP server dan portnya, IMAP server dan portnya (bisa didapatkan di cpanel). 

0 comments:

Post a Comment