Wednesday 2 March 2016

Pengenalan Jaringan Komputer

Apa itu Jaringan Komputer?

secara teori : Jaringan komputer itu sekumpulan komputer berjumlah banyak yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya.
Dua buah komputer misalnya dikatakan terkoneksi bila keduanya dapat saling bertukar informasi.  Bentuk koneksi dapat melalui: kawat tembaga, serat optik, gelombang mikro dan satelit komunikasi.

Apa manfaat jaringan komputer?

1. Resource Sharing : resource sharing / berbagi sumber dalam bentuk misalnya : program (contohnya Google Docs, data (contohnya Dropbox) yang dapat digunakan oleh  setiap orang yang ada dijaringan tanpa dipengaruhi lokasi sumber dan pemakai (user).
2. High Reliability / kehandalan tinggi : seperti aplikasi perbankan, aplikasi pemerintahan, Aplikasi Militer Aplikasi Pendidikan, Perpustakaan Digital dll. hampir semua lini kehidupan saat ini menggunakan jaringan komputer.
3.  Menghemat Biaya : Biaya Sewa Domain, Hosting, Hardware Jaringan yang semakin terjangkau.
4. Media Komunikasi, Informasi, Transaksi Jual Beli, Hiburan, dll.
Beberapa manfaat yang disebutkan sebagaian yang dimaksud adalah manfaat dari internet, namun yang perlu diingat, internet hanyalah salah satu dari bagian jaringan komputer. Jaringan Komputer dapat kita buat tanpa harus terkoneksi dengan internet seperti LAN, MAN dan WAN.

Apa saja yang dibutuhkan untuk membangun Jaringan Komputer?

Secara umum ada 2 golongan : Perangkat Keras dan Perangkat Lunak.

Perangkat Keras mengacu pada Teknologi Transmisi yang digunakan (point to point atau Broadcast) dan Area Cakupan (Intranet dan Internet) dimana pada sub bab Area Cakupan ini kita belajar Topologi Jaringan.

Perangkat Lunak mengacu pada Susunan Protokol Jaringan / OSI 7 layers.

Ok, cukup sekian dulu pengantarnya, ada tugas di sidebar, silahkan dikerjakan. Batas waktu sampai tanggal 10 maret 2016.


0 comments:

Post a Comment